3 weeks ago, Posted by: warnia02

Manfaat Pil Penambah Darah

Selama kehamilan, kebutuhan ibu hamil akan nutrisi mengalami peningkatan. Salah satu nutrisi yang penting bagi ibu hamil adalah zat besi. Namun, untuk mencukupi asupan zat besi, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi pill tambah darah.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, ibu hamil juga bisa memenuhi asupan zat besi harian dengan tablet tambah darah. Apa manfaat tablet tambah darah dan adakah efek sampingnya? Berikut penjelasannya.

Manfaat pill Tambah Darah
Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Hal ini dikarenakan ibu hamil mengalami perubahan tubuh yang signifikan, sehingga perlu memenuhi asupan gizi dalam kandungan. Beberapa zat gizi yang penting untuk ibu hamil, antara lain nutrition, kalsium, dha, serta vitamin B kompleks. Namun, ada salah satu nutrisi yang berperan dalam menjaga kesehatan ibu dan janin, yaitu zat besi.

Zat besi dapat mendukung pembentukan hemoglobin untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Zat besi juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, ibu hamil juga disarankan untuk minum pill tambah darah untuk mengoptimalkan asupan zat besi harian. Berikut beberapa manfaat tablet tambah darah yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan persediaan darah di dalam tubuh
Tidak hanya zat gizi yang meningkat saat hamil, namun juga persediaan darah di dalam tubuh. General extent darah saat hamil diketahui mengalami peningkatan sekitar dua kali lipat. Peningkatan ini bahkan mencapai 50% atau lebih dari jumlah darah Anda biasanya. Dengan mengonsumsi tablet penambah darah, maka dapat mendukung tubuh untuk memproduksi lebih banyak darah bagi ibu dan bayi.

2. Meningkatkan produksi hemoglobin
Fungsi zat besi lainnya adalah membantu produksi hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh sel dalam tubuh. Semakin terpenuhinya asupan zat besi harian, maka semakin banyak pula pasokan darah dan hemoglobin yang diedarkan ke seluruh tubuh ibu dan bayi yang sedang berkembang. Mengonsumsi pill penambah darah juga dapat membantu tubuh ibu memproduksi lebih banyak hemoglobin selama kehamilan. Selain itu, minum tablet tambah darah juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bayi dan plasenta di dalam rahim, terutama pada trimester 2 dan 3 kehamilan.


Minum pill zat besi atau penambah darah untuk ibu hamil tidak hanya untuk membantu mencegah anemia, namun juga mencegah ibu hamil mengalami perdarahan selama persalinan dan meninggal saat melahirkan akibat perdarahan. Bahkan, ibu hamil yang minum pill penambah darah secara rutin juga dapat membantu mengoptimalkan asupan nutrisi untuk janin yang sedang berkembang dalam kandungan. 

Efek Samping tablet Tambah Darah untuk Ibu Hamil
Minum tablet tambah darah adalah salah satu cara untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan asupan zat besi terpenuhi. Sebagian tablet tambah darah umumnya mengandung asam folat dan diet C yang bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi dari usus.

Meski demikian, ibu hamil juga perlu mengantisipasi efek samping dari pill tambah darah yang mungkin terjadi, seperti mual, sembelit, dan perut kembung. Jika hal ini membuat Anda kesulitan mengonsumsinya, dokter kandungan akan mengganti tablet tambah darah dengan jenis lain untuk mengurangi efek samping.

https://www.unair.ac.id


Post Views: 27


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved