SIKIA Writing Class: Time for Students to Create Works

2 min read

BERITA SIKIA – Menulis adalah keterampilan yang penting dikembangkan diera digital ini. Kemampuan menulis yang baik dapat membantu seseorang dalam membagikan pendapat, ide, maupun informasi secara efektif. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar. Menghadapi kesulitan tersebut, hadir pelatihan menulis SIKIA Writing Class pada Sabtu (15/07/2023) melalui ruang daring Zoom. Sejumlah mahasiswa Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam dan beberapa dari Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim terpantau menghadiri dan aktiv disetiap kegiatan.

SIKIA Writing Class hadir sebagai sebuah program menulis yang membantu meningkatkan kemampuan menulis kreatif dan efektif. Direktur Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam Prof. Dr. Soetojo dr.,Sp U(K) hadir menyemangati seluruh mahasiswa yang hadir agar pribadi yang gemar menulis. Tidak lupa Nuri Hermawan S. Hum.,M.Hum hadir sebagai narasumber yang memberikan materi tentang jurnalistik dan kepenulisan. Nuri merupakan editor utama Unair News yang turut serta menemani perjalanan pemberitaan kampus Unair di Banyuwangi. Membangun citra kampus Banyuwangi mulai 2014 bernama PDD, PSDKU, hingga sekarang bernama SIKIA.

Peserta diberikan pelatihan dan tips menulis sekaligus proses karya jurnalistik yang sangat bermanfaat.  Materi yang diberikan membantu peserta dalam mengeksplor berbagai bentuk karya tulis, seperti penulisan jenis- jenis berita dan opini. Dalam program ini, juga diberikan kesempatan untuk peserta dapat mengembangkan jejaring dan mendapatkan feedback dari narasumber. Hal ini dapat membantu dalam mengasah kemampuan dan membangun rasa percaya diri dalam menulis.

Selama pemaparan materi berlangsung, peserta mempelajari berbagai jenis karya jurnalistik. Peserta dapat memperdalam pemahaman tentang teknis menulis dan mengasah kemampuan mereka dalam menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas.

“Program SIKIA Writing Class sangat membantu saya dalam mengembangkan kemampuan menulis saya. Materi yang disampaikan membuat saya paham tentang bagaimana menulis yang kreatif dan efektif. Sehingga saya tertarik dan ingin memulai menumbuhkan kebiasaan menulis yang lebih baik.” Ujar Selva Pratika, mahasiswa Kedokteran Hewan SIKIA semester dua.

Kelas menulis SIKIA menjadi awal mula bagi peserta yang ingin melatih kemampuan menulisnya. Diakhir sesi, panitia membuka kesempatan kepada peserta untuk berlomba menuliskan berita tentang kegiatan SIKIA Writing Class. Mahasiswa juga mulai menulis dengan ikut berperan aktif sebagai kontributor yang mengirimkan berita kepada tim editorial SIKIA NEWS.

Penulis: Selva Pratika

Editor: Avicena C. Nisa

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author