Student LISTEN Ikuti IYEC 2023

2 min read

BERITA SIKIA – Liburan antar semester menjadi hal menyenangkan bagi mahasiswa untuk merelaksasikan diri. Tak jarang juga mereka melakukan kegiatan bermanfaat seperti magang dan berkewirausahaan. Tapi tak hanya kegiatan non-akademik dalam negeri saja yang dimanfaatkan oleh mahasiswa Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Universitas Airlangga Banyuwangi. Mahasiswa Kedokteran Hewan yaitu Kresna Ryan Ardiansyah (Angkatan 2022), Puji Aris Setiawati (Angkatan 2021), Raisa Amelia Yumna (Angkatan 2021) mengikuti Indonesian Youth Exchange and Conference (IYEC) pada Selasa (18/7/2023) hingga Sabtu (22/7/2023). IYEC diselenggarakan di International Youth Centre, Kuala Lumpur, Malaysia

Selama hampir seminggu mereka menginjakkan kaki di Singapura dan Malaysia. Delegasi yang juga mewakili UNAIR itu belajar lebih dalam terkait pembangunan berkelanjutan dari ide kreatif pemuda. Bahkan dalam konferensi tersebut, mereka terpisah menjadi tiga tim berbeda yang beranggotakan pemuda dari berbagai perguruan tinggi untuk menginisiasi program SDGs. Diantaranya adalah inisiasi One Village One CEO dan Cornelli.co sebagai mi instan dari bahan bonggol jagung.

Kiri ke kanan: Kresna, Puji, dan Raisa di International youth Centre, Kuala Lumpur, Malaysia. dok: pribadi

Lewat berbaurnya mereka dalam tim diskusi itu, Kresna Ryan Ardiansyah mengungkapkan kesan menarik yang dapat dirinya dapatkan. Dirinya dapat bertemu dengan rekan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi bergengsi lainnya selain Universitas Airlangga. Hal tersebut membuat dirinya dapat bertukar cerita dan pengalaman dari mereka.

“Saya dapat mempelajari berbagai macam budaya dan tradisi kesan saya sangat menarik saya dapat ketemu temen temen dari beberapa univ top di Indonesia,” ungkapnya.

Hal berkesan lainnya, pengalaman presentasi di depan berbagai mahasiswa lain dengan bertempat di luar negara sendiri. Menjadikan mendapatkan suasana hal yang baru dalam kegiatan seperti itu. Selain itu Kresna bersama rekannya juga dapat mempelajari budaya dan tradisi yang berbeda dari dua negara yang dikunjungi.

Mahasiswa Program Studi Kedokteran Hewan angkatan 2022 itu juga mengatakan keputusan dirinya mengikuti kegiatan tersebut untuk memperluas jejaring pertemanan. Sekaligus memanfaatkan waktu di tengah periode liburan semester yang ada.

“Alasan mengikuti acara itu kalau menurut saya pribadi adalah untuk menambah relasi dan koneksi saya terutama teman teman saya di dunia global,” katanya.

Terus Update Informasi

Kresna menuturkan semua mahasiswa dapat mengikuti berbagai macam program internasional yang dibuka untuk umum. Salah satu cara efektif agar mahasiswa dapat mengetahui berbagai informasi kegiatan tersebut adalah dengan berselancar di dunia maya dan berbagai media sosial.

“Tips dari saya untuk mengikuti acara ini adalah update informasi banyak banyak gali informasi di luar kampus terutama melalui Instagram,” tutupnya.

Penulis: Alfian Dzaka Fadhil Ramadhan
Editor: Avicena C. Nisa

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author