Strengthening Collaboration, University Putra Malaysia Visits SIKIA UNAIR Banyuwangi

3 min read

BERITA SIKIA – Bentuk kemitraan internasional berkelanjutan, Universitas Airlangga (UNAIR) terus mendorong setiap fakultas untuk meningkatkan hubungan dengan institusi luar negeri. Salah satunya lewat agenda Staff Inbound  Fakulti Perubatan dan Sains Kesihatan Universiti Putra Malaysia (UPM) yang mengunjungi Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Universitas Airlangga Banyuwangi pada hari Kamis (31/8/2023) hingga Minggu (3/9/2023).

Daki Gunung Hingga Kenali Budaya Osing

Terdapat 20 orang delegasi Universiti Putra Malaya yang terbang dari tanah melayu ke Indonesia. Terdiri dari 1 Professor of Medicine and Psychiatrist, 5 Psychiatrist and Medical Lecturer, 2 perawat, 1 Psychology officer, 2 Science Officer, 1 Chief Matron, 2 Matron, 2 Health Care Assistant, 1 Administrative assistant, 1 Research Assistant, dan 2 sister.

Agenda kunjungan diawali dengan pendakian Gunung Ijen yang merupakan salah satu icon terkenal dari Bumi Blambangan. Pendakian dilakukan bersama dengan dipandu civitas akademika SIKIA UNAIR yang dimulai pada pagi hari untuk menyapa matahari pagi di daerah Sunrise of Java itu. Pada petang hari, delegasi UPM bergerak menuju Kampus SIKIA UNAIR Giri dengan disambut hangat oleh jajaran direksi SIKIA UNAIR Banyuwangi. Bertempat di Ruang Sidang, delegasi yang hadir saling berinteraksi dengan civitas akademika SIKIA UNAIR untuk mempererat hubungan yang terus dibangun sebagai mitra akademik maupun non akademik. Pada malam hari, delegasi dibawa menuju cultural heritage yaitu kampung osing kemiren untuk menikmati suasana makan malam yang berkesan dengan budaya tradisional banyuwangi dari Suku Osing.

Pengabdian Masyarakat dan Kuliah Tamu

Pada hari Jumat (1/9/2023), delegasi Universiti Putra Malaysia (UPM) terbagi menjadi dua kelompok untuk melakukan kegiatan berbeda. Kelompok pertama berangkat ke Puskesmas Licin Banyuwangi untuk melakukan program pengabdian masyarakat bersama dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat SIKIA UNAIR di lokasi tersebut. Mereka memberikan penjelasan mengenai Layanan Psikiatri & Kesehatan Mental (Dewasa) yang diterapkan di Malaysia.

Kelompok kedua melakukan agenda sharing session berisi kuliah tamu dan bedah buku. Kuliah tamu terkait pelecehan seksual di kampus dibawakan oleh Dr. Aishah Siddiqah binti Alimuddin dari Fakulti Perubatan dan Sains Kesihatan, Universiti Putra Malaysia. Sedangkan bedah buku  “Behavioral Addiction in Women” dilakukan oleh Dr. Nur Hafidah Ishak. Bertempat di Ruang Sidang Kampus SIKIA Giri, sejumlah civitas akademika dari kalangan mahasiswa dan dosen hadir dalam kegiatan tersebut. Tak hanya pemaparan materi saja, kedua pemateri juga mempersilahkan civitas akademika sebagai peserta yang hadir untuk bertanya.

Eksplorasi Alam Bawah Laut

Tepat pada siang hari, delegasi UPM bersama dengan civitas akademika SIKIA UNAIR melakukan perjalanan menuju salah satu wisata selam dan salah satu pulau di sisi timur. Mereka menikmati keindahan alam dan keanekaragaman biota laut di Bangsring Underwater. Dilanjutkan dengan menyebrang menggunakan kapal kecil ke Pulau Tabuhan. Agenda malam dilanjutkan dengan pemberian souvenir dan makan malam bersama. Sebagai penutup dan perpisahan, terdapat kejutan agenda yaitu lepas tukik pada Minggu (3/9/2023) sebagaimana disampaikan oleh wakil direktur Non Akademik pada pembukaan. Delegasi UPM merasa senang dan baru pertama kali melihat bahkan memegang tukik secara langsung.

Penulis: Azhar Burhanuddin

Editor: Avicena C. Nisa

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author