Mengenal 6 Sasaran Keselamatan Pasien: Upaya Meningkatkan Kualitas Perawatan Kesehatan

Keselamatan pasien adalah aspek yang krusial dalam pelayanan kesehatan. Untuk memastikan setiap pasien mendapatkan perawatan yang aman dan berkualitas, organisasi kesehatan di seluruh dunia telah mengadopsi berbagai standar dan inisiatif, salah satunya adalah 6 Sasaran Keselamatan Pasien (SKP). Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai apa itu 6 SKP, mengapa mereka penting, dan bagaimana mereka berkontribusi dalam meningkatkan kualitas perawatan kesehatan.

1. Identifikasi Pasien dengan Benar

Langkah pertama dalam memberikan perawatan yang aman adalah mengidentifikasi pasien dengan benar. Ini mencakup memverifikasi identitas pasien menggunakan minimal dua identifikasi, seperti nama lengkap dan tanggal lahir. Identifikasi yang tepat dapat menghindari kesalahan dalam memberikan perawatan dan pengobatan kepada pasien yang salah.

2. Peningkatan Komunikasi yang Efektif

Komunikasi yang efektif antara anggota tim kesehatan dan pasien adalah kunci dalam menghindari kesalahan dan kejadian yang tidak diinginkan. Sasaran ini menekankan pentingnya berbagi informasi dengan jelas, mendengarkan dengan seksama, dan mengklarifikasi pemahaman bersama antara pasien, keluarga, dan tim perawatan.

3. Peningkatan Keamanan Obat yang Perlu Diwaspadai

Kesalahan dalam pemberian obat adalah salah satu penyebab utama cedera dan kematian yang dapat dicegah di rumah sakit. Sasaran ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan obat yang aman melalui praktik-praktik seperti verifikasi obat oleh dua petugas yang berbeda, label obat yang jelas, dan pendidikan pasien tentang obat yang diberikan.

4. Kepastian Tepat Lokasi, Tepat Prosedur, dan Tepat Pasien Pembedahan/Operasi

Pembedahan merupakan prosedur yang kompleks dan berisiko tinggi, yang dapat menyebabkan cedera serius pada pasien jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Sasaran ini menggarisbawahi pentingnya menjalankan prosedur pembedahan dengan kehati-hatian, memverifikasi tindakan yang akan dilakukan, dan memastikan keselamatan pasien selama dan setelah operasi

5. Pengurangan Resiko Infeksi Terkait Perawatan Kesehatan

Infeksi terkait perawatan adalah masalah serius dalam lingkungan perawatan kesehatan. Langkah-langkah pencegahan infeksi, seperti kebersihan tangan yang baik, penggunaan alat pelindung diri, sterilisasi peralatan, dan pengelolaan limbah medis yang tepat, harus diterapkan secara konsisten untuk mengurangi risiko infeksi yang dapat dicegah

6.Identifikasi Risiko dan Pengurangan Risiko Jatuh

Jatuh adalah kejadian yang umum terjadi di rumah sakit dan dapat menyebabkan cedera serius pada pasien. Sasaran ini menekankan pentingnya mengidentifikasi pasien yang berisiko jatuh dan menerapkan tindakan pencegahan yang sesuai, seperti penilaian risiko jatuh secara rutin, penggunaan alas tidur, dan pengawasan yang intensif.

Melalui implementasi 6 SKP ini, organisasi kesehatan dapat memastikan bahwa setiap pasien menerima perawatan yang aman, terkoordinasi, dan bermutu tinggi. Keselamatan pasien harus selalu menjadi prioritas utama dalam setiap aspek pelayanan kesehatan, dan 6 SKP memberikan kerangka kerja yang kokoh untuk mencapai tujuan tersebut.

You May Also Like

More From Author