Mahasiswa Profesi Lakukan Penyuluhan Kebutuhan Nutrisi Protein pada Pasien Hemodialisis

Kelompok 10 mahasiswa profesi Keperawatan baru saja melangsungkan penyuluhan kepada para pasien hemodialisis pada hari Kamis, 12/9/2024. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Hemodialisis lantai 6 Rumah Sakit Universitas Airlangga. Acara berlangsung pada sore hari saat cuci darah sesi kedua dimulai yang beranggotakan pasien serta keluarga pasien sebagai peserta.

Pasien hemodialisis dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein setiap hari. Mengonsumsi makanan berprotein penting bagi pasien hemodialisis karena dapat berfungsi sebagai pengganti protein yang hilang selama proses hemodialisis, mempertahankan keseimbangan nitrogen, dan memelihara otot. Sumber kebutuhan protein dapat berasal dari protein hewani karena memiliki semua asam amino esensial yang mudah diserap oleh tubuh daripada protein nabati. Sumber protein yang baik dikonsumsi selama di rumah dan saat proses hemodialisis berlangsung yaitu, daging sapi, ikan, kacang tanah, tahu, telur, dan tempe. Pasien hemodialisis yang kekurangan nutrisi protein akan merasa lemas, malnutrisi yang berakibat pada anemia, dan dapat memperburuk kondisi penyakitnya.

Acara berlangsung dengan lancar dan para peserta aktif melakukan tanya jawab pada sesi diskusi. Di akhir kegiatan penyuluhan juga ditutup dengan kesimpulan bahwa penting untuk dapat menjaga asupan kebutuhan protein pada pasien hemodialisis. Diharapkan dari adanya kegiatan ini adalah mencegah adanya keparahan penyakit yang dapat memperparah kondisi tubuh dan menjaga kualitas hidup para pasien hemodialisis serta dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

Penulis: Dewi Rachmawati
Editor: Nur Afifah

You May Also Like

More From Author