Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS): Pemilahan Sampah Rumah Sakit di Bedah Edelweis RSUD dr. Soetomo

Fakultas Keperawatan Unair lakukan Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) untuk Program Studi Pendidikan Profesi Ners (05/09/2024). Penyuluhan dilakukan oleh mahasiswa Kelompok 1.4 pendidikan profesi ners Stase Keperawatan Medikal Bedah di Bedah Edelweis RSUD dr. Soetomo.

Penyuluhan ini berhasil diselenggarakan oleh mahasiswa dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang dibimbing oleh Ika Nur Pratiwi, S.Kep., Ns., M.Kep. Selama kegiatan, peserta menerima penjelasan mengenai definisi sampah, definisi sampah, macam-macam sampah rumah sakit, manfaat pemilahan sampah di rumah sakit, macam-macam tempat sampah di rumah sakit. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keluarga pasien tentang pentingnya melakukan pemilahan sampah di Rumah Sakit, karena masih dijumpai keluarga pasien salah membuang tempat sampah sesuai dengan ketentuan.

Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi interaktif selama 30 menit. Peserta memperhatikan materi dengan seksama. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan keluarga pasien. Tim penyuluh juga memastikan bahwa setiap keluarga paham mengenai manfaat pemilahan sampah dan menerapkan selama di rumah sakit.

Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman keluarga pasien mengenai pemilahan sampah di rumah sakit. Hal ini dapat mencegah terjadinya infeksi di rumah sakit. Dengan edukasi yang baik dan kerjasama dari keluarga pasien, diharapkan keluarga pasien melakukan pemilahan sampah di rumah sakit sehingga tidak membahayakan petugas kebersihan dan mengurangi risiko infeksi.

Penulis : Dina Septiana Putri

Editor: Nur Afifah

You May Also Like

More From Author