Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS): Perawatan Setelah Operasi di Bedah Dahlia RSUD dr. Soetomo

Fakultas Keperawatan Unair lakukan Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) untuk Program Studi Pendidikan Profesi Ners (12/09/2024). Penyuluhan dilakukan oleh mahasiswa Kelompok 1.4 pendidikan profesi ners Stase Keperawatan Medikal Bedah di Bedah Dahlia RSUD dr. Soetomo.

Penyuluhan ini berhasil diselenggarakan oleh mahasiswa dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang dibimbing oleh Ika Nur Pratiwi, S.Kep., Ns., M.Kep. Selama kegiatan, peserta menerima penjelasan mengenai definisi perawatan setelah operasi, tujuan perawatan setelah operasi, macam-macam perawatan setelah operasi, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan setelah operasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keluarga pasien tentang perawatan setelah operasi yang bertujuan untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka operasi.

Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi interaktif selama 30 menit. Peserta memperhatikan materi dengan seksama. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan keluarga pasien. Tim penyuluh juga memastikan bahwa setiap keluarga paham mengenai tujuan dan cara melakukan perawatan setelah operasi.

Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman keluarga pasien mengenai perawatan pasien setelah operasi mengenai rawat luka setelah operasi. Hal ini dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Dengan edukasi yang baik dan kerjasama dari keluarga pasien, diharapkan keluarga pasien dapat memahami perawatan setelah operasi dan dapat melakukannya secara mandiri seperti mobilisasi sehingga dapat mengurangi risiko terkena dekubitus.

Penulis : Dina Septiana Putri

Editor: Nur Afifah

You May Also Like

More From Author