PENYULUHAN KESEHATAN RUMAH SAKIT (PKRS): MANAJEMEN NYERI DI BEDAH EDELWEIS RSUD Dr. SOETOMO

Fakultas Keperawatan Unair melakukan Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) untuk Program Studi Pendidikan Profesi Ners (19/09/2024). Penyuluhan dilakukan oleh mahasiswa kelompok 2.1 pendidikan profesi ners Stase Keperawatan Medikal Bedah di Bedah Edelweis RSUD Dr. Soetomo.

Penyuluhan ini berhasil diselenggarakan oleh mahasiswa dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang dibimbing oleh Ika Nur Pratiwi, S.Kep., Ns., M.Kep. Selama kegiatan peserta menerima penjelasan tentang definisi nyeri, tanda dan gejala nyeri, faktor yang memperberat nyeri, klasifikasi nyeri, dan penatalaksanaan nyeri baik farmakologis maupun non farmakologis. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keluarga pasien tentang manajemen nyeri yang bertujuan untuk keluarga pasien mampu untuk memanajemen nyeri secara mandiri.

Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi interaktif selama 30 menit. Selama kegiatan peserta aktif bertanya dan memperhatikan materi. Tim penyuluh juga memastikan bahwa setiap keluarga paham mengenai tujuan dan cara manajemen nyeri secara mandiri.

Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman keluarga pasien mengenai manajemen nyeri sehingga keluarga dapat melakukan penanganan nyeri secara mandiri. Dengan edukasi yang baik dan kerjasama dari keluarga pasien, diharapkan keluarga pasien dapat memahami cara manajemen nyeri secara mandiri seperti dengan teknik distraksi dengan mendengarkan murottal sehingga dapat mendiktraksi nyeri dan keluhan nyeri berkurang.

Penulis: Septia Feniandira Warasti

Editor: Nur Afifah

You May Also Like

More From Author