HMKH SIKIA Welcomes New Students at VOSFOR 2023

2 min read

BERITA SIKIA – Himpunan Mahasiswa Kedokteran Hewan (HMKH) merupakan organisasi yang bergerak dibidang keilmuan dan non keilmuan untuk mewadahi mahasiswa Kedokteran Hewan. Kaderisasi bertujuan untuk pengembangan organisasi dan meneruskan estafet kepengurusan HMKH SIKIA. Maka dari itu salah satu divisi non keilmuan yang ada di HMKH yaitu Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) melakukan kaderisasi yang dinamakan Veterinary Orientation and Transformation (VOSFOR). Kaderisasi kepengurusan HMKH SIKIA diawali dengan penyambutan mahasiswa baru 2023.

Welcome Party berlangsung pada Selasa (19/9/2023) di Ruang G201 Kampus Giri. Kegiatan dilakukan sebagai ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru kedokteran hewan dan menjelaskan mengapa diadakan kaderisasi yang dinamakan vosfor tersebut.

Penyesuaian nama VOSFOR dari waktu ke waktu

Vosfor adalah nama terbaru dari kaderisasi di Kedokteran Hewan SIKIA. Pada awalnya saat SIKIA masih PSDKU, nama kaderisasi untuk Mahasiswa Kedokteran Hewan adalah PARVO. Tidak lama kemudian, PARVO berubah menjadi PDKV karena nama tersebut diambil sebagai bentuk kesatuan antara kaderisasi di FKH PSDKU dengan FKH UNAIR Surabaya. Karena tahun kemarin (2022) SIKIA telah disahkan, maka harus berganti pula nama kaderisasi Mahasiswa Kedokteran Hewan SIKIA menjadi VOSFOR.

Seperti yang telah disinggung di awal, vosfor merupakan kepanjangan dari Veterinary Orientation and Transformation. Dari nama VOSFOR diharapkan mahasiswa Kedokteran Hewan SIKIA 2023 dapat berkembang dan melakukan perubahan terhadap hal-hal yang positif selama berproses di kampus. Selain itu, tujuan bergantinya nama kaderisasi menjadi VOSFOR karena sekarang kita telah menjadi sekolah yang setingkat dengan fakultas yaitu SIKIA.

Nama resmi mahasiswa angkatan 2023

Culture yang ada di Kedokteran Hewan adalah kekeluargaan. Tentu saja hal ini diimplementasikan secara linear ketika acara welcome party. Panitia yang juga kakak tingkat berbaris menyambut mahasiswa baru sebelum memasuki ruangan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesan penyambutan secara hangat kepada keluarga baru angkatan 2023 ini.

Setiap angkatan di Kedokteran Hewan memiliki nama angkatan sendiri-sendiri. Nama tersebut memiliki arti khusus yang berasal dari nama latin hewan. Begitu pula angkatan 2023 ini sesuai dengan kesepakatan, angkatan 2023 bernama Panthera. Nama Panthera diambil dari bahasa latin yaitu macan  kembang. Panthera dipercaya memiliki kekuatan tangguh, serta mampu memberikan kesan berani dan berwibawa. Filosofi tersebut menjadi modal mahasiswa Kedokteran Hewan SIKIA dalam mewujudkan cita-cita mulia penerus masa depan.

 

Penulis: Raket Wonggo Murgiyana

Editor: Avicena C. Nisa

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author