Vibrant Veterinary Nationalism That Doesn't Extinguish in September

2 min read

BERITA SIKIA – Bonding antar angkatan menjadi salah satu perekat keakraban untuk memperkuat tali persaudaraan. Hal itu mendorong Himpunan Mahasiswa Kedokteran Hewan (HKMH) Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Universitas Airlangga Banyuwangi menyelenggarakan Semarak Kemerdekaan pada hari Jumat (22/9/2023). Bertempat di halaman depan Kampus SIKIA Giri, berbagai perlombaan dihadirkan menyemarakkan acara tersebut. Mulai dari estafet kertas, estafet gelas menggunakan balon, hingga membuat menara air dengan mengisi botol air yang berlubang.

Sistem kompetisi yang berlaku mempertemukan setiap angkatan mahasiswa Program Studi Kedokteran Hewan SIKIA UNAIR mulai dari angkatan 2020, 2021, 2022, dan 2023 untuk bertanding terlebih dahulu untuk memperebutkan tiket final. Setiap tim terdiri dari 10 mahasiswa angkatan tersebut. Tim mahasiswa yang terpilih menjadi finalis nantinya akan bertemu dengan tim dosen dalam partai puncak. Tim dosen yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari Bodhi Agustono., drh, M.Si, Maya Nurwartanti drh., M.Si, Amung Logam Saputro., drh, M.Si, Prima Ayu Wibawati, drh., M.Si, Tridiganita Intan Solikhah, drh., M.Si, Aditya Yudhana, drh. M.Si, dan Ratih Kusuma Praja drh MSi. Serta ditambah beberapa mahasiswa yang diajukan oleh dosen untuk menyamakan jumlah dengan tim mahasiswa.

Dalam sambutan sebelum perlombaan dimulai, Koordinator Program Studi (KPS) S1-Kedokteran Hewan SIKIA, Bodhi Agustono., drh, M.Si mengatakan kegiatan yang pada umumnya dilaksanakan pada bulan Agustus tersebut bukanlah sebuah masalah peletakkan waktu. Merujuk pada rasa semangat nasionalisme yang tak boleh padam dan terbatas pada waktu tertentu saja, kegiatan tersebut sah saja untuk terselenggara.

“Walaupun tidak diadakan di bulan Agustus, namun kegiatan ini memberikan makna bahwa nasionalisme kita tak sebatas dibulan perayaan kemerdekaan saja,” katanya.

Keseruan tersaji dengan sengitnya persaingan antar angkatan hingga mereka bersiap menghadapi tim dosen dalam partai puncak. Dengan penuh semangat dan dukungan, tim mahasiswa tampak penuh ambisi memenangkan setiap pertandingan. Setiap tim juga didukung oleh rekan seangkatan yang meneriakkan yel-yel penyemangat. Strategi yang digunakan oleh tiap tim angkatan juga berbeda-beda menyesuaikan lawan tandingnya. Pada akhirnya kekompakan menjadi kunci dari setiap kemenangan tim.

Diakhir acara, HMKH SIKIA UNAIR memberikan hadiah kepada angkatan yang memenangkan perlombaan tersebut. Tercatat, angkatan 2020 memenangkan perlombaan menara air, angkatan 2021 memenangkan lomba estafet gelas, dan tim dosen Program Studi Kedokteran Hewan SIKIA UNAIR memenangkan lomba estafet kertas.

Penulis: Putri Laura Faradina
Editor: Tasya Ramadani

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author