PKKMB SIKIA Day 3: Become a Complete Student

3 min read

BERITA SIKIA – Penyelenggaraan hari terakhir Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas SIKIA Banyuwangi telah usai. Kegiatan yang diselenggarakan pada Jumat (25/8/2023) di Auditorium Candradimuka tersebut menghadirkan dua pemateri di bidang kemahasiswaan dan layanan administrasi

Saat menyampaikan materi layanan administrasi, Bintang Gumilang, M.Kes. mengajak mahasiswa baru untuk mengenal tata cara administrasi di Kampus Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) UNAIR Banyuwangi. Layanan yang tersedia antara lain yaitu akademik, kemahasiswaan, ruang baca, laboratorium terpadu, sarana-prasarana, internet dan media. 

Salah satu  layanan yang sering dimanfaatkan mahasiswa untuk mencari sumber pengetahuan dan sekedar melepas penat sejenak adalah Ruang Baca. Layanan tersebut terdapat di Kampus Giri dan Sobo dengan dua jenis layanan yaitu daring dan luring. Pelayanan daring dilakukan untuk pengecekan similarity, AILIS for Education (Peminjaman Buku Online), dan Open VPN untuk mencari E-resources. Sedangkan pelayanan luring ditujukan untuk peminjaman buku fisik, pemanfaatan komputer, serah karya repository, library class, atau belajar kelompok.

Hal yang perlu diperhatikan mahasiswa untuk mendapatkan akses yang tepat dalam layanan administrasi adalah menemui orang yang ada di bidangnya. Mahasiswa dapat bertanya secara langsung di kampus maupun lewat media Whatsapp (WA) terkait kebutuhan administrasi dengan memperhatikan etika, waktu, tempat, situasi, dan jam kerja layanan tersebut.

Tak terasa dalam kesempatan tersebut merupakan H-3 menjelang mahasiswa baru menjalani masa perkuliahan pertama. SIKIA UNAIR mendorong mahasiswa baru menjadi sosok yang berkembang sesuai dengan tujuan diri. Dalam materi “Mahasiswa Seutuhnya” yang disampaikan oleh Faisal Fikri, drh., M.Vet. itu menyebut menjadi mahasiswa baru merupakan babak baru dari siswa yang menyandang gelar maha didepannya. Sehingga orang tersebut harus dapat beradaptasi dan mempertanggung jawabkan suatu hal yang dimulai. Mahasiswa harus dapat mengenali diri, mempelajari potensi belajar dan kelemahan yang dimiliki. Mahasiswa yang mampu mengenali ketiga hal tersebut menjadi sosok yang berjiwa sosial dan bermanfaat. Bukan menjadi seorang yang apatis terhadap keadaan.

Mahasiswa Baru Tampilkan Berbagai Penampilan

Keseruan berlangsung meriah dengan penampilan berbagai kelompok mahasiswa baru Mahasiswa baru memberikan persembahan terbaiknya lewat berbagai penampilan seperti drama dan menyanyi. Dalam beberapa momen, seorang mahasiswa larut dalam suasana lagu yang dibawakan mahasiswa lain di depan panggung. Nampak juga beberapa mahasiswa menyanyikan lagu bersama-sama dari bangku duduknya. Bagi kelompok terkompak dan terbaik mendapatkan hadiah sebagai apresiasi serta semangat dari panitia pelaksana PKKMB Fakultas.

Turut menjadi bagian dari empat mahasiswa SIKIA dan beberapa jajaran tenaga pendidik. Diakhir kegiatan mereka memberikan ungkapan hati mereka yang turut senang dan bahagia menjadi bagian dalam memperkenalkan SIKIA secara lebih dekat sebelum mahasiswa baru datang ke Kampus Banyuwangi secara langsung untuk memulai pendidikan tingginya. Jadi sampai jumpa di Viva Outer Division (VOD) di Kampus SIKIA Banyuwangi untuk perkenalan lebih dekat selanjutnya.

Penulis: Frency Imanuel

Editor: Avicena C. Nisa

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author