SIKIA Students Participate in One Health Student Club Airlangga Batch 4 at the Tropical Disease Institute

2 min read

BERITA SIKIA – Bangun komunitas One Health di jenjang sarjana, mahasiswa Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Universitas Airlangga Banyuwangi mengikuti kegiatan One Health Student Club Batch 4 yang diselenggarakan oleh Airlangga Diseases and Prevention Center-One Health Collaborating Center (ADPR-OHCC). Mereka adalah Januar Firmansyah (Kedokteran Hewan, Angkatan 2020), Gusti Ayu Illiyin Putri Santosa (Kedokteran Hewan, Angkatan 2021), Azhar Burhanuddin (Kedokteran Hewan, Angkatan 2021), Uyun Loveni (Kesehatan Masyarakat, Angkatan 2022), Gilang Avrillio (Kesehatan Masyarakat, Angkatan 2022), Muhammad Ridwan (Kesehatan Masyarakat, Angkatan 2022). Kegiatan juga dihadiri oleh mahasiswa dari perguruan tinggi lain di Surabaya. Seluruh mahasiswa tersebut mengikuti kegiatan secara luring pada Sabtu (2/9/2023) di Aula Penyuluhan Lembaga Penyakit Tropis (LPT) Universitas Airlangga di Kampus UNAIR Mulyorejo

Kelas Kedua OHSC Batch 4 tersebut merupakan kelas luring pertama yang diselenggarakan oleh kegiatan OHSC Airlangga sejak terbentuk pada 2020. Kesempatan tersebut membekali mahasiswa dengan kemampuan dasar dalam pemenuhan kapasitas sumber daya manusia untuk menyukseskan program One Health di masa mendatang.

Prof Helmi menjelaskan bagaimana membangun kerangka berfikir sistematis dan scientific
Sumber: Penulis

Dalam kelas pertama diisi dengan materi Kepemimpinan dalam One Health oleh Dr. Budi Utomo, dr., M.Kes dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Materi tersebut mengajarkan bahwa kepemimpinan menjadi tombak utama dalam membentuk sebuah kolaborasi antar bidang yang selaras dengan tujuan bersama. Sedangkan materi selanjutnya adalah berpikir sistem yang disampaikan oleh Dr. Mustofa Helmi Effendi, DTAPH., drh yang merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat Veteriner. Berpikir sistem menjadi salah satu bentuk keahlian utama untuk menentukan akar permasalahan dengan sudut pandang berbagai bidang berbeda. Sehingga hasil penentuan menjadi lebih akurat yang dibuktikan secara scientific dan bukan sebuah asumsi belaka.

Baca juga: Sharing Informasi Penelitian dan Produk Inovasi bersama LPT UNAIR

Mahasiswa SIKIA tersebut tampak aktif dalam kegiatan diskusi kasus berkelompok maupun pertanyaan langsung yang dilemparkan pemateri maupun moderator. Kegiatan OHSC Batch 4 masih akan berlanjut dengan kelas ketiga, institutional visit, dan student project yang dilaksanakan secara luring di Kota Surabaya.

Sesi diskusi OHSC Batch 4

Konversi Program Micro Credential

Menariknya program jangka pendek tersebut dapat dijadikan sebagai pengganti sejumlah SKS pada mata kuliah tertentu sebagai program Micro Credential. Program tersebut tersalurkan dalam bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilakukan oleh SIKIA UNAIR Banyuwangi. Sebelum mengambil konversi program tersebut, mahasiswa harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dosen konversi dan mata kuliah terkait dari tiap program studi.

Penulis: Azhar Burhanuddin

Editor: Avicena C. Nisa

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author