UCSI Malaysia Lecturer Establishes Adjunct Professor Program with SIKIA UNAIR

2 min read

BERITA SIKIA – Demi meningkatkan kolaborasi akademik yang strategis, SIKIA UNAIR terus menjalin kerjasama dengan para stakeholder, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kerjasama yang semakin berkelanjutan juga dapat meningkatkan kualitas mahasiswa SIKIA. Kali ini, University College Sedaya International (UCSI) menjalin kolaborasi bersama SIKIA UNAIR mengadakan Adjunct Professor selama 4 hari, yaitu 11 – 14 September 2023 bertempat di Kampus Giri, SIKIA Universitas Airlangga.

Dosen Departemen Bioteknologi UCSI Malaysia, Assistant Professor Ts. Dr. Loh Jiun Yan mendatangi SIKIA UNAIR untuk serangkaian acara Adjunct Professor. Mahasiswa akan mendapatkan empat sesi Adjunct Professor dengan topik yang berbeda. Empat topik tersebut antara lain Fundamental of Feed Nutrition; Feed Formulation and Manufacturing; Insect Meals as Alternative Protein Source; dan Probiotics, Prebiotics, and Other Immunostimulants. Acara dibuka di Ruang Sidang Kampus Giri dihadiri oleh seluruh dosen prodi Akuakultur; International Faculty Ambassador Susy Katikana Sebayang, Ph.D.; dan kepala departemen SIKIA, Prayogo, S.Pi., M.P.

Dalam sambutannya Darmawan Setia Budi, S.Pi., M.Si. selaku Ketua Program Studi Akuakultur menyatakan siap menjalin kerjasama berkelanjutan demi mengembangkan kualitas pengetahuan dan wawasan mahasiswa. Susy Katikana Sebayang, Ph.D. berharap kerjasama tetap dilanjutkan dan mengembangkan projek akademis lainnya. Pembukaan dilanjutkan dengan perkenalan diri civitas akademik SIKIA agar komunikasi semakin nyaman selama acara berlangsung. Dr. Loh merespon positif sambutan hangat SIKIA. Beliau senang, serangkaian acara selama empat hari berjalan lancar dan membawa manfaat bagi semua pihak.

Acara dilanjutkan penandatanganan MoU kerjasama SIKIA dengan UCSI. Rangkaian kegiatan adjunct professor bertujuan meningkatkan minat mahasiswa Prodi Akuakultur SIKIA dalam pengembangan ilmu pengetahuan bidang akuakultur dan perikanan. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan pandangan berbagai kegiatan outbound berupa studi di luar negeri, khususnya ke UCSI University.

Selain kegiatan akademik, SIKIA turut mengajak Dr. Loh untuk mengeksplorasi keindahan Banyuwangi. Eksplorasi bertujuan untuk mempromosikan nama Kabupaten Banyuwangi di level internasional semakin meningkat. Selain itu, Dr. Loh juga akan mengikuti pembukaan kegiatan student inbound INTEGRATION bersama beberapa mahasiswa luar negeri yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Akuakultur (HIMAKUA). Diharapkan, serangkaian acara bisa memunculkan feedback positif sehingga terjalin kolaborasi positif dan relasi yang baik dari pihak lain khususnya kampus-kampus mancanegara sehingga meningkatkan capaian akademik internasional SIKIA UNAIR.

Penulis: Ijl Taqiy Christya Dewanta Arthur Archiles

Editor: Avicena C. Nisa

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author