Socialization of 2023 SIKIA PILMAPRES Preparation

2 min read

BERITA SIKIA – Garuda Sakti dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM SIKIA bersama Kemahasiswaan Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Universitas Airlangga lakukan sosialisasi pemilihan mahasiswa berprestasi (PILMAPRES). Langkah tersebut dilakukan dalam mempersiapkan mahasiswa dari ketiga program studi yang tersedia di SIKIA untuk mengikuti seleksi menjadi MAWAPRES di tingkat fakultas.

Pembina Garuda Sakti SIKIA, Faisal Fikri, drh., M.Vet, mengatakan bahwa SIKIA siap memfasilitasi setiap kegiatan yang bermuara pada prestasi. Dukungan prestasi dari elemen mahasiswa tentu menjadi salah satu capaian bagi Universitas Airlangga untuk terus memperlebar sayapnya.

“Gak perlu juara tapi juara itu perlu. Kami dari pihak fakultas siap memfasilitasi yang ber output pada capaian prestasi mahasiswa di bidang akademik dan non akademik,” pungkasnya pada Selasa (27/6/2023) di Sosialisasi yang dilaksanakan melalui zoom tersebut .

Mahasiswa didorong untuk menggali berbagai informasi yang menjadi poin penentu dalam PILMAPRES. Sehingga dapat menghasilkan sosok mahasiswa berprestasi dari tingkat fakultas dari SIKIA yang berkompeten dan kredibel. Sebagai dokumen pendukung yang penting, mahasiswa juga diingatkan untuk mengarsipkan setiap kegiatan yang telah dilakukan.

“Sangat penting dalam mengarsip betul kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memperbanyak poin dalam penilaian mawapres tingkat yang lebih tinggi,” ujar drh Faisal.

Persiapkan Diri dan Persyaratan Pendukung

Mawapres I SIKIA 2022, Dimas Ahmad Nasrullah Subekti mengatakan pemilihan mahasiswa prestasi akan dimulai dari tingkat terbawah di lingkup fakultas. Seleksi yang dilakukan adalah seleksi administrasi Capaian Unggulan dan gagasan kreatif yang dilanjut dengan berlangsungnya pemaparan pada uji publik dengan bahasa inggris. Sehingga mahasiswa harus mempersiapkan tiga hal berikut, yaitu:

  1. Capaian Unggulan
    • Capaian Unggulan menjadi hal pertama yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melangkah sebagai mawapres. Mahasiswa dapat mengakumulasi prestasi yang dilakukan tak hanya dari bidang akademik semata, namun juga hal non akademik seperti olahraga, kewirausahaan hingga pengabdian masyarakat yang telah dilakukan.
  2. Gagasan Kreatif
    • Pendaftar mawapres juga harus memiliki gagasan kreatif yang menjadi solusi suatu permasalahan/ Dengan sifatnya adalah terobosan dari ide inspiratif, tentu gagasan tersebut harus memiliki konsep dan strategi yang harus bisa diimplementasikan di dunia nyata.
  3. Kemampuan Bahasa Inggris
    • Memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik sangat menunjang performa dalam melakukan uji publik untuk mempresentasikan gagasan kreatif yang dimilikinya. Secara teknis memang kemampuan ini didapat melalui latihan rutin dalam meningkatkan akurasi penggunaan vocab dan grammar.

Jadi persiapkan diri kalian menuju pemilihan mahasiswa berprestasi 2023 di Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) UNAIR Banyuwangi. Detail alur waktu PILMAPRES akan diumumkan lebih lanjut.

Penulis: Gusti Ayu Illiyin Putri Santosa

Editor: Acn

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author