KKI SIKIA Conducts Dzulhijjah Month Priorities Study

2 min read

BERITA SIKIA – Komikat Kerohanian Islam (KKI) SIKIA UNAIR menyelenggarakan Kajian BBQ dengan mengangkat tema “Tingkatkan Iman dan Taqwa dalam meraih keutamaan bulan Dzulhijjah” pada Selasa (20/6/2023). Menghadirkan Ustadz Hari Abdillah sebagai pembicara utama, kegiatan tersebut diselenggarakan melalui platform zoom meeting dengan diikuti oleh mahasiswa dan sivitas akademika muslim dari Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Universitas Airlangga Banyuwangi.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-quran dan dilanjutkan dengan sesi sambutan. Ketua Pelaksana Kajian BBQ, Julian Andris berterima kasih atas peran serta peserta yang berkesempatan hadir dalam kesempatan tersebut. Sekaligus memberikan apresiasi kepada panitia yang telah mendukung terlaksananya acara kajian. Sehingga nantinya seluruh peserta dan panitia yang hadir mendapatkan suntikan ilmu dan motivasi dalam mengarungi bulan dzulhijjah tahun ini.

“Semoga kita dapat meningkatkan iman dan taqwa kita sepanjang bulan Dzulhijjah,” ungkapnya.

Momentum Mengukur Rasa Cinta Pada Allah

Dengan momen bulan itu dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena kita diperlihatkan betapa berharganya ketauhidan kepada Allah SWT tentang keteladanan dan ketaatan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Ismail AS. Ustadz Hari Abdillah menuturkan bahwa untuk mengukur rasa cinta kepada Allah tentu harus dibuktikan dengan kesungguhan hati yang tertinggi.

“Rasa cinta yang benar adalah dengan mencintai sesuatu tidak melebihi atas cinta kita kepada allah dan rasulnya,” tuturnya.

Haji di Bulan Dhulhijjah

Walaupun masih berstatus sebagai mahasiswa aktif yang masih terus belajar. Mempelajari syarat berhaji harus tetap dilakukan agar tidak menafikan kewajiban haji yang harus memiliki kemauan dan kemampuan. Sebagai ibadah yang istimewa, para manusia terpilih yang ibadah haji merupakan cerminan setiap amalan yang telah diperbuat seperti ujian dan kemudahan yang dilakukan.

“Jika kita menafikan salah satu rukun. Sudah niatkan namun tak kunjung datang maka kita sudah berusaha untuk menjalankannya,” jelasnya.

Qurban

Dengan menjalankan ibadah maka secara luas kita mendekatkan diri kepada allah dengan intensif secara kuantitas dan kualitas. Salah satunya dengan menyembelih hewan qurban yang telah disyariatkan oleh agama islam. Hal tersebut adalah manifestasi yang akan mengangkat derajat kita disisi Allah SWT.

“Mari kuatkan niat yang sudah mampu secara ekonomi setiap tahunnya berqurban,” pesannya.

Dalam momentum Hari Raya Idul Adha mendatang, menjadi salah satu momentum kita untuk terus meningkatkan ibadah. Mudah-mudahan termasuk orang yang dimampukan sebagai tanda mendekatkan diri pada Allah SWT. Sekaligus menjadi pengingat dan penyemangat bagi kita semua dalam menjadikan kita menjadi hamba yang dimuliakan disisi Allah SWT.

Penulis: Putri Laura Faradina

Editor: Acn

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author