SIKIA Director Welcomes UNAIR KKN BBK 2 Students in Banyuwangi

2 min read

BERITA SIKIA – Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Komunitas (KKN-BBK) Periode 2 Universitas Airlangga (UNAIR) kembali hadir menyapa masyarakat Kabupaten Banyuwangi. Terdapat 379 mahasiswa Universitas Airlangga yang disebar pada tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Kabat, Kecamatan Gambiran, dan Kecamatan Tegaldlimo. Mereka akan melaksanakan KKN BBK Periode 2 mulai Selasa (11/7/2023) hingga Jumat (5/8/2023).

Tim KKN diisi oleh mahasiswa lintas keilmuan antar program studi dan fakultas yang berbeda-beda dengan 9 hingga 10 anggota di dalamnya. Berbagai mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Airlangga tersebut akan berkolaborasi dalam pengentasan berbagai permasalahan berbasis keilmuan yang dimiliki. Mahasiswa juga diharapkan dapat turut serta memajukan komunitas yang ada di wilayah tersebut lewat program yang telah disusun.

Disambut oleh Jajaran Pemkab dan Direktur SIKIA Banyuwangi

Dok : UKIP SIKIA UNAIR

Peserta KKN BBK Periode 2 terlebih dahulu mengikuti upacara penyambutan di Lapangan Kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pada Selasa (11/7/2023). Bersama dengan jajaran PEMKAB Banyuwangi, Direktur SIKIA UNAIR Prof. Dr. Soetojo dr., Sp.U(K) turut menyambut civitas akademika UNAIR yang hadir di Bumi Blambangan. Selanjutnya mahasiswa disebar ke masing-masing wilayah kelurahan ataupun desa yang telah ditetapkan. Lewat kegiatan KKN, beliau mengedepankan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan keilmuan dalam membangun masyarakat untuk semakin maju. Agar semakin menyempurnakan program Smart Kampung yang telah menjadi keunggulan wilayah Banyuwangi.

Selain hadirnya SIKIA UNAIR sebagai salah satu pusat pendidikan tinggi sebagai peningkat dan pemerataan pendidikan Wilayah Banyuwangi. KKN BBK UNAIR menjadi salah satu bagian kerjasama Universitas Airlangga dengan Pemkab Banyuwangi dalam membentuk pembangunan berkelanjutan di tingkat komunitas sesuai SDGs Nomor 11.

Kontribusi Mahasiswa dan Dosen

Dok. : UKIP SIKIA UNAIR

Sebagai bagian dari UNAIR, Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Banyuwangi turut berkontribusi menghadirkan sivitas akademika di tiap program pemberdayaan masyarakat. SIKIA turut menyebar mahasiswa ke berbagai wilayah bersama dengan mahasiswa fakultas lainnya  dalam tim yang telah disusun oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNAIR. Sedangkan dari komponen dosen, beberapa dosen dari ketiga program studi SIKIA ditunjuk sebagai dosen pendamping lapangan tim KKN BBK Periode 2 di Wilayah Banyuwangi.

Sebelumnya, 9 bus yang membawa rombongan mahasiswa KKN BBK Periode 2 dari Kampus Universitas Airlangga, Surabaya. Mereka terlebih dahulu singgah di Kampus SIKIA Giri untuk beristirahat pada pagi hari. Rombongan tersebut dapat menikmati kesejukan pagi alam Banyuwangi di kampus yang asri.

Penulis: Azhar Burhanuddin

Editor: Jasmine Indah

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author