PKKMB SIKIA Introduces Banyuwangi Campus Environment to New Students

3 min read

BERITA SIKIA – Rangkaian pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di tingkat fakultas Universitas Airlangga secara serentak diselenggarakan mulai hari Rabu (23/8/2023) hingga Jumat (25/8/2023). Sebagai unit setara fakultas, Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Universitas Airlangga Banyuwangi menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan bertempat di Auditorium Candradimuka, Gedung Kuliah Bersama (GKB) Kampus UNAIR Mulyorejo. Seluruh mahasiswa baru SIKIA angkatan 2023 dari program studi Kedokteran Hewan, Akuakultur, dan Kesehatan Masyarakat berkumpul dalam satu tempat. Hari pertama PKKMB tingkat fakultas itu diisi dengan materi utama pengenalan SIKIA UNAIR pada hari Rabu (23/8/2023).

Sambutan Direksi SIKIA

Direktur SIKIA UNAIR, Prof. Dr. Soetojo, dr., Sp.U. (K) secara langsung menyambut mahasiswa baru Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam Universitas Airlangga. Walaupun belum bertempat Banyuwangi, antusiasme untuk mengenal SIKIA UNAIR terpancar dari wajah mahasiswa baru. Prof. Soetojo turut memperkenalkan jajaran pimpinan SIKIA dan civitas akademika yang hadir di tempat tersebut. Sejarah panjang berdirinya SIKIA dari tahun 2014 sampai saat ini telah melewati berbagai fase. Mulai dari Program Diluar Domisili (PDD), Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) hingga menjadi Sekolah setara fakultas bernama SIKIA Banyuwangi. Lokasi strategis SIKIA mendukung pembelajaran pendidikan tinggi berbasis potensi lokal yang berkualitas global yang lekat dengan kehidupan masyarakat.

Prof. Soetojo (kanan) didampingi MC memulai sesi tanya jawab dihadapan mahasiswa baru SIKIA 2023.
Foto: IG @sikia_unair

Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan SIKIA

Wakil Direktur Akademik SIKIA UNAIR, Dr. Rahadian Indarto Susilo, dr., Sp.BS. (K) mengungkapkan berbagai kegiatan akademik dan kemahasiswaan terus dihadirkan oleh SIKIA UNAIR Banyuwangi. Kegiatan akademik didukung oleh berbagai dosen profesional yang dibantu oleh tim teaching dari Fakultas terkait yang ada di Surabaya. Pembelajaran tak terbatas dengan dosen UNAIR saja, namun juga menghadirkan berbagai dosen tamu dari kalangan praktisi. Walaupun terpisah dari kampus Surabaya, SIKIA UNAIR memiliki berbagai wadah mahasiswa dalam mengembangkan diri dibidang leadership dan terkait lainnya. Seperti badan otonom yaitu BEM dan BLM tingkat fakultas maupun badan semi otonom yaitu Garuda Sakti SIKIA dan AUBMO SIKIA. Berbagai Komunitas Minat dan Bakat (KOMIKAT) juga tersedia untuk memaksimalkan potensi non akademik mahasiswa SIKIA UNAIR Banyuwangi.

Fasilitas Kampus SIKIA

Wakil Direktur Non Akademik SIKIA UNAIR, Dr. Mufasirin, drh., M.Sc memperkenalkan beragam fasilitas yang ada di SIKIA UNAIR Banyuwangi. Dengan 3 kampus berbeda, tentu kegiatan perkuliahan semakin menyenangkan sebagai gambaran mini kampus UNAIR Surabaya. Kampus pertama terletak di kawasan Giri yang berada disamping SMAN 1 Giri, Kampus kedua adalah Sobo yang terletak dibelakang SDN 1 Model Banyuwangi. Terbaru, kini SIKIA memiliki kampus Mojopanggung yang terletak di bangunan Ex Badan Pendapatan daerah Banyuwangi. SIKIA UNAIR juga dilengkapi dengan berbagai laboratorium terpadu dan laboratorium praktik lapangan seperti Teaching Farm. Disisi lain, SIKIA terus berupaya mengembangkan fasilitas yang ada untuk menambah pelayanan bagi mahasiswa dan masyarakat umum.

Seluruh Peserta tampak bersemangat mengenal fakultas yang akan menjadi tempatnya menimba ilmu. Diakhir kegiatan, mahasiswa baru ditugaskan untuk membuat kelompok dan menampilkan performa terbaik untuk keesokan harinya. Kegiatan ditutup dengan menyanyikan lagu Hymne Airlangga untuk menambah kebanggaan diri mahasiswa baru menjadi Ksatria Airlangga.

Penulis: Frency Imanuel

Editor: Avicena C. Nisa

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author