GS x BEM KM held the 2023 SIKIA UNAIR Presidential Election Technical Meeting

2 min read

BERITA SIKIA – Kolabarasi antara Garuda Sakti SIKIA dan BEM KM SIKIA mengadakan technical meeting menjelang pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres)  2023, Jumat (27/10) di ruang G.204 Kampus Giri Sikia Unair. Pilmapres merupakan ajang bergengsi yang paling ditunggu bagi para mahasiswa. Setiap fakultas akan mendelegasikan mahasiswa terbaiknya untuk bertanding memperebutkan gelar Mawapres tingkat universitas. Pilmapres ini merupakan kegiatan tahunan yang sangat strategis untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki jiwa saing dan karakter yang unggul. Tidak hanya itu, Pilmapres bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dan memberikan ruang atau wadah untuk berinovasi.

Enam nama yang akan berkompetisi dalam Pilmapres Sikia 11 November mendatang adalah Gusti Ayu Illiyin Putri S (KH), Firrial Eksa M (KM), Putri Nur Aini (KM), Reza Adrio Farezi (KH), Muhammad Ridwan (KM), dan Gilang Avrilio Akbari (KM). Keenam nama tersebut terpilih melalui proses seleksi yang panjang yaitu seleksi berkas Capaian Unggula (CU). Seleksi terdiri dari tujuh jenis penilaian yakni, kompetisi, pengakuan, penghargaan, hasil karya, organisasi, pengabdian, dan kewirausahaan. Seleksi tahap selanjutnya yaitu Gagasan Kreatif (GK) yang merupakan portofolio berbentuk esai ilmiah berisi uraian konsep dan strategi masalah yang sesuai dengan SDGs. Penilaian dari seluruh tahapan, diseleksi oleh para juri yang merupakan dosen Sikia yang sangat kompeten di bidangnya.

Pertemuan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga kemudian sambutan oleh Lia Nita Arizahro selaku Ketua Pelaksana. Technical meeting dilanjut dengan pembacaan teknis Uji Publik Pilmapres Sikia 2023 serta sesi tanya jawab. Uji Publik merupakan tahap akhir dari seleksi Pilmapres yang di dalamnya terdapat sesi wawancara dan presentasi dari para peserta. Uji Publik juga akan menghadirkan perwakilan dari masing-masing prodi sebagai tamu undangan untuk menyaksikan performa peserta. Tak heran, banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta. Antusiasme dalam diri mereka sangat menggebu untuk bersaing pada ajang Pilmapres Sikia mendatang.

“Selama proses yang dijalani pada Pilmapres tahun ini diharapkan bisa menjadi bagian dari proses belajar untuk membuktikan bahwa mahasiswa punya peran dan manfaat yang besar di tengah masyarakat, termasuk untuk diri sendiri dan keluarga.” pesan Lia kepada para peserta yang telah berhasil lolos ke tahap Uji Publik.

Penulis: Fania Aulia Rahma

Editor: Avicena C. Nisa

source
https://unair.ac.id/

You May Also Like

More From Author